Jumat, 03 Desember 2010

Tugas Mandiri

MK TEKNOLOGI PUPUK DAN PEMUPUKAN

Materi : Pupuk Kandang

Oleh : 
 
SURYADI (0810483046)*



PENGARUH JENIS DAN TARAF PUPUK ORGANIK TERHADAP PRODUKSI DAN
MUTU PURWOCENG
Purwoceng (Pimpinella pruatjan) merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia berkhasiat aprodisiak seperti pada tanaman ginseng dari Korea (BALITTRO, 2000; ANWAR, 2001). Jaringan akar purwoceng dilaporkan paling berkhasiat sebagai anti diuretik dan tonikum seduhan terutama digunakan sebagai afrodisiak dengan kandungan senyawa turunan sterol, saponin dan alkaloida (CAROPEBOKA dan LUBIS, 1985 dalam ROSTIANA et al., 2006).
  1. Permasalahan
Memenuhi kebutuhan bahan baku simplisia purwoceng (Pimpinella pruatjan) untuk industri jamu, dan mengurangi dampak eksplorasi di hutan sekitar pegunungan Dieng, perlu areal pengembangan purwoceng yang baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan taraf dan jenis pupuk organik yang optimal untuk peningkatkan produksi dan mutu simplisia purwoceng di KP Gunung Putri, Cianjur yang tanahnya berpasir dengan ketinggian 1.500 m dpl.
  1. Alasan pemilihan pupuk kandang
SUKRISTIYONUBOWO et al. (1993) melaporkan bahwa, pemberian bahan organik(pupuk kandang) dapat meningkatkan kandungan P tersedia dalam tanah secara langsung dan tidak langsung. Penambahan P secara tidak langsung terjadi karena pada proses dekomposisi bahan organik dihasilkan asam-asam organik yang mampu menonaktifkan anion-anion pengikat fosfat, yaitu Al dan Fe, dan membentuk senyawa logam organik.
Informasi pengaruh pemupukan organik terhadap produktivitas dan mutu purwoceng masih sangat terbatas. Hasil pengujian pupuk organik di dataran tinggi Dieng menunjukkan bahwa taraf pupuk kandang ayam sebesar 40 t/ha dapat menghasilkan simplisia kering sebesar 6,3 g/tanaman atau setara dengan 525 kg simplisia kering/ha (RAHARDJO, 2005).
  1. Dosis yang di berikan di dalam penelitian
Pada penelitian ini, 12 kombinasi perlakuan jenis dan taraf pupuk organik diberikan pada tanaman purwoceng (Tabel 1). Taraf pemupukan T1, T2, dan T3 sebesar 0,24, 0,36, dan 0,48 kg/tanaman atau setara dengan aplikasi 20, 30, dan 40 t/ha.




Tabel 1. Perlakuan kombinasi antara jenis dan taraf pemberian pupuk Organic
Table 1. Treatment of combination of types and dosages of organic fertilizer
Kode perlakuan
Treatment code
Kombinasi perlakuan/tanaman
Fertilizer combination/plant
PmT1 0,24 kg
PmT2 0,36 kg
PmT3 0,48 kg
PsT1 0,24 kg
PsT2 0,36 kg
PsT3 0,48 kg
PkT1 0,24 kg
PkT2 0,36 kg
PkT3 0,48 kg
PaT1 0,24 kg
PaT2 0,36 kg
PaT3 0,48 kg
pupuk kompos
pupuk kompos
pupuk kompos
pupuk kandang sapi
pupuk kandang sapi
pupuk kandang sapi
pupuk kandang kambing
pupuk kandang kambing
pupuk kandang kambing
pupuk kandang ayam
pupuk kandang ayam
pupuk kandang ayam
Keterangan : Pm = pupuk kompos green manure
Note Ps = pupuk kandang sapi cow dung
Pk = pupuk kandang kambing sheep dung
Pa = pupuk kandang ayam chicken dung

  1. Variable yang di ukur dan waktu pengukuran
Parameter yang diamati adalah komponen pertumbuhan dan hasil yang meliputi panjang tangkai, jumlah tangkai, bobot segar dan kering daun, bobot segar dan kering akar, bobot segar dan kering total per tanaman. Mutu simplisia (kandungan sitosterol, stigmasterol, dan total steroid) daun dan akar yang dianalisis secara komposit (gabungan) dari 4 ulangan, sehingga hasil analisis mutu (bahan aktif) tanaman tidak dilakukan analisis statistik. Pengamatan komponen pertumbuhan, produksi, dan mutu bahan aktif dilakukan pada umur 6 bulan setelah tanam (BST).
  1. Hasil yang di peroleh
Aplikasi pupuk kandang ayam menghasilkan bobot daun, akar, dan total tanaman purwoceng lebih baik dibandingkan dengan pupuk kandang kambing, pupuk kandang sapi dan pupuk kompos. Pemupukan pupuk kandang ayam taraf dosis rendah 0,24 kg/ tanaman atau setara dengan 20 t/ha tidak berbeda dengan aplikasi pupuk kandang ayam taraf pemupukan yang lebih tinggi 0,36 kg/tanaman atau setara dengan 30 t/ha dan 0,48 kg/tanaman atau setara dengan 40 t/ha, sehingga aplikasi pupuk kandang ayam dengan taraf 0,24 kg/tanaman lebih direkomendasikan dalam memproduksi biomas.
* mahasiswa Program StudiAgroekoteknologi FakultasPertanian UniversitasBrawijaya Malang 2010

1 komentar:

  1. Saya ingin berbagi kesaksian tentang bagaimana layanan pendanaan Le_Meridian membantu saya dengan pinjaman 2.000.000,00 USD untuk membiayai proyek pertanian ganja saya, saya sangat berterima kasih dan saya berjanji untuk membagikan perusahaan pendanaan yang sah ini kepada siapa pun yang mencari cara untuk memperluas bisnisnya project.the company adalah perusahaan pendanaan UK / USA. Siapa pun yang mencari dukungan keuangan harus menghubungi mereka di lfdsloans@outlook.com Atau lfdsloans@lemeridianfds.com Bpk. Benjamin juga menggunakan whatsapp 1-989-394-3740 untuk mempermudah segala pemohon.

    BalasHapus